Tuesday, January 3, 2017

Troubleshooting lapisan presentasi jaringan WAN


Troubleshooting lapisan presentasi jaringan WAN
WAN mencakup daerah geografis yang luas, memungkinkan komunikasi antara dua perangkat yang terpisah dengan jarak yang sangat jauh. (alan, 2014)

X-Windows (atau X11 atau X) adalah sistem grafis dan windowing bagi sistem operasi UNIX dan sistem-operasi-mirip-UNIX yang dikembangkan di Massachusetts Institute of Technology (MIT) sejak tahun 1984.Dengan menggunakan X-Windows dan aplikasi Windows Manager, sebuah komputer dengan sistem operasi UNIX dapat memiliki sistem GUI (Graphical User Interface). (wikipedia, 2015) (iblogoblog, 2010)
Beberapa contoh Window Manger seperti : Window Maker, Ice WM, Afterstep, Enlightment
(mizzhack, 2008)
Ada beberapa prinsip dan istilah yang harus anda ketahui artinya agar dalam menggunakan X tidak menemui batu sandungan. Istilah-istilah ini akan muncul berkali-kali dalam manual dan file-file Help. Istilah-istilah tersebut antara lain :
  • Screen adalah seluruh desktop, secara teknis dapat dijelaskan artinya tampilan layar utama yang X lihat. Anda dapat mempunyai lebih dari 1 screen, bahkan sebenarnya anda dapat mempunyai lebih dari 1 komputer menjalankan 1 buah X server, tetapi pembahasan akan itu merupakan pembahasan yang amat kompleks, tetapi anda harus mengetahui akan kemungkinan ini.
  • Root Window adalah latar belakang dari screen anda. Tidak mempunyai karakteristik seperti window lainnya, tetapi lebih ke sebuah tempat dimana anda menjalankan aplikasi atau menyimpan gambar atau hanya memberi warna padanya.
  • Window Manager adalah interface utama antara X Window System dengan user. Tanpa window manager, sistem akan lebih sulit digunakan dan tidak akan terlalu produktif. Window manager menyediakan fungsi-fungsi pengontrolan dan kustomisasi border, menu, icon, virtual desktop, button, tollbar dari X Windows.
  • Pointer adalah panah atau indikator penunjuk yang merepresentasikan lokasi mouse atau pointing device lainnya, yang berhubungan erat dengan screen.
  • Window adalah frame dimana semua aplikasi berjalan. Frame ini mempunyai properti yang dikontrol oleh window manager. Active window adalah window yang sedang digunakan, window ini disebut mempunyai focus, dapat menerima input dari console atau pointing device.
  • Menu dan icon berlaku sama seperti pada window system lainnya. Window yang terdiri hanya text saja disebut terminal emulator.
(magneticinfo, 2013)

tulisan asli klik DISINI

Daftar Pustaka

alan. (2014). alan.web. Retrieved from alan.web: http://www.alan.web.id/download/modul-tkj/bab9-wan.pdf
iblogoblog. (2010, 07). iblogoblog. Retrieved from iblogoblog: http://iblogoblog.blogspot.co.id/2010/07/mengenal-apa-itu-x-window-system.html
magneticinfo. (2013, 04). magneticinfo. Retrieved from magneticinfo: https://magneticinfo.blogspot.co.id/2013/04/mengenal-x-window-system.html
mizzhack. (2008, 12). mizzhack. Retrieved from mizzhack: http://mizzhack.blogspot.co.id/2008/12/apa-itu-x-window.html
wikipedia. (2015). wikipedia. Retrieved from wikipedia: https://id.wikipedia.org/wiki/X_Window_System

Biografi : 
Nama        : irfan fawwaz

Sekolah     : SMK ISLAM 1 BLITAR
Motto        : ojo nganti sekolahmu ganggu touringmu

0 comments:

Post a Comment