Tuesday, August 9, 2016

TROUBLESHOOTING DATA LINK LAYER LAN



TROUBLESHOOTING DATA LINK LAYER LAN
By.irfan fawwaz

1.     Deteksi Kesalahan LAN
Bahasan ini berhubungan dengan algoritma bagi komunikasi yang reliabel dan efisien
antara  dua  mesin  yang  berdekatan,  yaitu  dua  mesin  yang  secara  fisik  terhubung  oleh
sebuah  saluran  komunikasi  yang  secara  konseptual  bekerja  seperti  halnya  kabel.  Sifat
penting  sebuah  saluran  yang  membuatnya  menyerupai  kabel  adalah  bit-bit  diteruskan
dalam urutan yang sama dengan  sewaktu  bit-bit  itu  dikirimkan.Rangkaian  komunikasi  sering  membuat  kesalahan, memiliki laju data yang terbatas, dan terdapat delay propagasi yang tidak nol antara saat bit  dikirimkan  dengan  saat  bit  diterima.  Keterbatasn  ini  mempunyai  implikasi penting bagi efisiensi pemindahan data. (Mahmudi, 2015)



2.     IEEE Lapisan MAC48- Bit Addressing
IEEE (Institute of Electrical and Electronics Engineers) Organisasi non-profit yang mendedikasikan kerja kerasnya demi kemajuan teknologi.
  1. Teknologi Penerbangan
  2. Teknologi Elektronik
  3. Teknologi Biomedical
  4. Dan Teknologi komputer
Organisasi Ini berdiri pada Tahun 1963 yang berangotakan Insinyur . Tahun 1980 bulan Februari
IEEE LAN (Local Area Network) dan MAN (Metropolitan Area Network) Dinamakan 802. 80 menunjukkan tahun dan angka 2 menunjukkan bulan dibentuknya kelompok kerja ini Ethernet--Wireless--Token Ring Karena Luas sekali bidangnya maka dibagi lagi menjadi beberapa bagian lagi Dan Penamaanya adalah angka berurutan di belakang 802.
3.     Transparan brigding
Transparan bridging ,switching operasi dan pemecahan masalah Transparent bridging ditemukan pertama kali di dalam lingkungan Ethernet dan source-route bridging dalam lingkungan Token Ring. Translational bridging menyediakan penerjemahan antara format dan transmisi antar lingkungan yang berbeda (umumnya antara Ethernet dan Token Ring). 
Terakhir source-route transparent bridgingmengkombinasikan algoritma dari transparent bridging dan source-route bridging untuk memudahkan bridging dalam lingkungan campuran Ethernet dan

4.     Switching Operasi Dan Pemecahan Masalah
Switch jaringan dapat digunakan sebagai penghubung komputer atau router pada satu area yang terbatas, switch juga bekerja pada lapisan data link, cara kerja switch hampir sama seperti bridge, tetapi switch memiliki sejumlah port sehingga sering dinamakan multi-port bridge.
Switch dapat dikatakan sebagai multi-port bridge karena mempunyai collision domain dan broadcast domain tersendiri, dapat mengatur lalu lintas paket yang melalui switch jaringan. Cara menghubungkan komputer ke switch sangat mirip dengan cara menghubungkan komputer atau router ke hub. Switch dapat digunakan langsung untuk menggantikan hub yang sudah terpasang pada jaringan.
Switch Sebuah alat yang menyaring/filter dan melewatkan(mengijinkan lewat) paket yang ada di sebuah LAN. switcher bekerja pada layer data link (layer 2) dan terkadang di Network Layer (layer 3) berdasarkan referensi OSI Layer Model. sehingga dapat bekerja untuk paket protokol apapun. LAN yang menggunakan Switch untuk berkomunikasi di jaringan maka disebut dengan Switched LAN atau dalam fisik ethernet jaringan disebut dengan Switched Ethernet LAN
5.     Switch Sebagai Multiport Jembatan
Switch jaringan  (atau  switch  untuk singkatnya) adalah sebuah alat jaringan yang melakukan  bridging  transparan (penghubung segementasi banyak jaringan dengan forwarding berdasarkan alamat MAC). Switch  mengacu pada multi-port jembatan jaringan yang proses dan rute data pada data link layer (lapisan 2) dari model OSI . Switch mengolah data tambahan pada lapisan jaringan (lapisan 3) .
Switch dikatakan sebagai  multi-port  bridge  karena mempunyai  collision domain  dan  broadcast domain  tersendiri, dapat mengatur lalu lintas paket yang melalui switch jaringan. Cara menghubungkan komputer ke switch sangat mirip dengan cara menghubungkan  komputer  atau  router  ke  hub. Switch dapat digunakan langsung untuk menggantikan hub yang sudah terpasang pada jaringan.
Switch jaringan dapat digunakan sebagai penghubung komputer atau router pada satu area yang terbatas, switch juga bekerja pada  lapisan  data link, cara kerja switch  hampir sama seperti bridge, tetapi switch memiliki sejumlah port sehingga sering dinamakan multi-port bridge.
Switch ada untuk berbagai jenis jaringan termasuk Fibre Channel , Asynchronous Transfer Mode , InfiniBand , Ethernet dan lain-lain. switch Ethernet  Pertama diperkenalkan oleh Kalpana pada tahun 1990.
Perangkat yang memiliki interkoneksi pada layer 3 secara tradisional disebut router , sehingga lapisan-3 switch juga dapat dianggap sebagai (relatif primitif) router.
Dimana ada kebutuhan untuk banyak analisis kinerja jaringan dan keamanan, switch dapat dihubungkan antara router WAN sebagai tempat untuk modul analitik. Beberapa vendor menyediakan firewall ,  jaringan deteksi intrusi ,  dan kinerja modul analisis yang dapat ditancapkan ke port switch.

 Tulisan asli saya klik DISINI

Daftar Pustaka

Bibliography

Jaringan, K. (2015, Maret 05). Berbagi Ilmu Pengetahuan. Retrieved Agustus 03, 2016, from IEEE Lapisan Mac Address 48 - Bit Adressing : http://tkjaringan4.blogspot.co.id/2015/03/ieee-lapisan-mac-address-48-bit.html
Kita, R. (2010, Mei 05). komputer-jaringan . Retrieved Agustus 03, 2016, from komputer-jaringan : http://3-budi.blogspot.co.id/
Mahmudi, A. I. (2015, Agustus 02). Mahmud Uye. Retrieved Agustus 03, 2016, from Deteksi dan Koreksi Kesalahan Data Link Layer : https://mahmudiuye.blogspot.co.id/2015/08/deteksi-dan-koreksi-kesalahan.html
Mujahidin. (2013). data link layer. jakarta: universitas gunadarma.
Shammi, N. (2013, September 20). Learning By Doing. Retrieved Agustus 03, 2016, from Perangkat Jaringan: https://nabilashammi.wordpress.com/2013/09/20/perangkat-jaringan/



Biografi
Nama          :Irfan Fawwaz Nashrullah
Kelas          :12 tkj 2
Sekolah      : Smki slam 1 blitar
motto          : Ku rindu gayamu saat bermanja

0 comments:

Post a Comment