Tuesday, January 10, 2017

Troubleshooting layanan DNS server



Troubleshooting layanan DNS server
DNS dapat disamakan fungsinya dengan buku telepon. Dimana setiap komputer di jaringan Internet memiliki host name (nama komputer) dan Internet Protocol (IP) address. Secara umum, setiap client yang akan mengkoneksikan komputer yang satu ke komputer yang lain, akan menggunakan host name.

Lalu komputer anda akan menghubungi DNS server untuk mencek host name yang anda minta tersebut berapa IP address-nya. IP address ini yang digunakan untuk mengkoneksikan komputer anda dengan komputer lainnya. (josh, 2014)
Domain Name System (DNS) adalah distributed database system yang digunakan untuk pencarian nama komputer (name resolution) di jaringan yang mengunakan TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).
DNS biasa digunakan pada aplikasi yang terhubung ke Internet seperti web browser atau e-mail, dimana DNS membantu memetakan host name sebuah komputer ke IP address. (g-excess, 2014)
Fungsi Utama Sistem DNS
  1. Menerjemahkan nama-nama host (hostnames) menjadi nomor IP (IP address) ataupun sebaliknya, sehingga nama tersebut mudah diingat oleh pengguna internet.
  2. Memberikan suatu informasi tentang suatu host ke seluruh jaringan internet. DNS memiliki keunggulan
(habibah, 2014)


Instal Bind9

Bind9 merupakan salah satu aplikasi yang digunakan untuk membuat DNS Server, cara menginstallnya seperti berikut :

- Masukan CD / File ISO terlebih dahulu. [Device > CD/Drive > Cari file ISO nya]
- Ketik perintah : apt-get install bind9

Konfigurasi DNS Server

Sebelum konfigurasi alangkah baiknya anda terlebih dahulu file atau folder apa saja yang akan di konfigurasi, file yang akan dikonfigurasi :
  • named.conf.local
  • db.veri [db.local]
  • db.tkjb [db.local]
  • db.192
  • named.conf.options
  • resolv.conf
(begal, 2015)
DNS menyediakan pelayanan yang cukup penting untuk Internet, ketika perangkat keras komputer dan jaringan bekerja dengan alamat IP untuk mengerjakan tugas seperti pengalamatan dan penjaluran (routing), manusia pada umumnya lebih memilih untuk menggunakan nama host dan nama domain, contohnya adalah penunjukan sumber universal (URL) dan alamat surel. Analogi yang umum digunakan untuk menjelaskan fungsinya adalah DNS bisa dianggap seperti buku telepon internet di mana saat pengguna mengetikkan www.indosat.net.id di peramban web maka pengguna akan diarahkan ke alamat IP 124.81.92.144 (IPv4) dan 2001:e00:d:10:3:140::83 (IPv6). (wikipedia, 2009)

tulisan asli klik DISINI

Daftar Pustaka

begal. (2015, 05). begal-tech. Retrieved from begal-tech: http://begal-tech.blogspot.co.id/2015/05/tutorial-cara-membuat-konfigurasi-dns.html
g-excess. (2014). .g-excess. Retrieved from .g-excess: http://www.g-excess.com/pengertian-dan-definisi-dari-dns-domain-name-system.html
habibah. (2014, 11 11). habibahmadpurba. Retrieved from habibahmadpurba: https://habibahmadpurba.wordpress.com/2014/11/11/pengertian-dan-fungsi-domain-name-system-dns-server/
josh. (2014). josh.rootbrain. Retrieved from josh.rootbrain: http://josh.rootbrain.com/seminar/Modul%20Domain%20Name%20System%20(DNS).pdf
wikipedia. (2009). wikipedia. Retrieved from wikipedia: https://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_Penamaan_Domain

Biografi : 
Nama        : Irfan Fawwaz N
Sekolah     : SMK ISLAM 1 BLITAR
Motto        : I can’t be perfect

0 comments:

Post a Comment