Tuesday, November 8, 2016

Troubleshooting lapisan data link jaringan WAN



Troubleshooting lapisan data link jaringan WAN
1.    Ethernet mekanisme akses
Spesifikasi Ethernet mendefinisikan fungsi-fungsi yang terjadi pada lapisan fisik dan lapisan data link dalam model referensi jaringan tujuh lapisan OSI, dan cara pembuatan paket data ke dalam framesebelum ditransmisikan di atas kabel.Ethernet merupakan sebuah teknologi jaringan yang menggunakan metode transmisi Baseband yang mengirim sinyalnya secara serial 1 bit pada satu waktu. Ethernet beroperasi dalam modus half-duplex, yang berarti setiap station dapat menerima atau mengirim data tapi tidak dapat mengirim keduanya secara bersamaan atau sekaligus. Fast Ethernet serta GigaBit Ethernet dapat bekerja pada mode full-duplex atau half duplex. (rosaapriansyah, 2015)

2.    Full-Duplex Ethernet 
Sebuah full-duplex (FDX) sistem, atau kadang-kadang disebut double-duplex, memungkinkan komunikasi dua arah, dan, tidak seperti setengah-duplex, memungkinkan hal ini terjadi secara bersamaan.

Jaringan telepon tanah-line full-duplex, karena mereka memungkinkan kedua penelepon untuk berbicara dan didengar pada saat yang sama. Sebuah analogi yang baik untuk sistem full-duplex akan menjadi jalan dua jalur dengan satu lajur untuk masing-masing arah. Dalam modus full-duplex, data yang dikirimkan tidak muncul untuk dikirim sampai telah benar-benar diterima dan pengakuan dikirim kembali oleh pihak lain.

Radio dua arah dapat dirancang sebagai sistem full-duplex, transmisi pada satu frekuensi dan menerima yang lain.Sederhana, karena komunikasi ditransmisikan pada satu frekuensi selalu bepergian ke arah yang sama.

Full-duplex koneksi Ethernet bekerja dengan memanfaatkan simultan dari dua pasang fisik kabel twisted (yang berada di dalam jaket), di mana satu pasangan digunakan untuk menerima paket dan satu pasang digunakan untuk mengirimkan paket (dua pasang per arah untuk beberapa jenis Ethernet), ke perangkat yang terhubung langsung.
(Dudung, 2015) (Irvan, 2016) (mujahidin)

3.    Format Frame Ethernet
Ethernet mentransmisikan data melalui kabel jaringan dalam bentuk paket-paket data yang disebut dengan Ethernet Frame. Sebuah Ethernet frame memiliki ukuran minimum 64 byte, dan maksimum 1518 byte dengan 18 byte di antaranya digunakan sebagai informasi mengenai alamat sumber, alamat tujuan, protokol jaringan yang digunakan, dan beberapa informasi lainnya yang disimpan dalam header serta trailer (footer). Dengan kata lain, maksimum jumlah data yang dapat ditransmisikan (payload) dalam satu buah frame adalah 1500 byte. (indryanis, 2014)
4.    Token Passing
Metode pengiriman data dengan cara mengelilingi sebuah Ring dikenal dengan istilah Token Passing. Token dilewatkan dari satu komputer ke komputer lain sampai sebuah komputer mengambil data tersebut. Komputer pengirim memodifikasi tooken, meletakkan sebuah alamat tujuan pada data dan mengirimkan ke komputer tujuan melewati jaringan ring.

Komputer penerima akan mengembalikan sebuah pesan ke komputer pengirim yang mengindikasikan bahwa data telah diterima. Setelah melakukan proses verifikasi, komputer pengirim membuat sebuah token baru atau melepaskan token dan melewatkan token ke komputer berikutnya.

Secara fisik topologi ring mirip seperti topologi star, tapi secara logika topologi ring membentuk sebuah lingkaran. Device yang digunakan oleh topologi star untuk menghubungkan tiap-tiap komputer menggunakan device hub, sedangkan topologi ring menggunakan device MSAU (Multi Station Access Unit). (net9com, 2016)

Daftar Pustaka

Dudung. (2015, 09). dosenpendidikan. Retrieved from dosenpendidikan: http://www.dosenpendidikan.com/pengertian-simplex-half-duplek-dan-full-duplek-menurut-ahli-teknologi/
indryanis. (2014, 11). indryanisrj. Retrieved from indryanisrj: http://indryanisrj.blogspot.co.id/2014/11/ethernet-frame.html
Irvan. (2016, 09). indodigitalmedia. Retrieved from indodigitalmedia: http://indodigitalmedia.blogspot.co.id/2016/09/troubleshooting-lapisan-data-link.html
mujahidin. (n.d.). mujahidin.staff.gunadarma. Retrieved from mujahidin.staff.gunadarma: http://mujahidin.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/37740/Materi+Jaringan+Komputer+Lanjut+1.pdf
net9com. (2016). net9com. Retrieved from net9com: https://sites.google.com/site/net9com/computer-networking/konsep-jaringan/desain-jaringan/topologi-ring/token-passing
rosaapriansyah. (2015, 09 28). blog.umy. Retrieved from blog.umy: http://blog.umy.ac.id/rosaapriansyah/2015/09/28/ethernet/

tulisan asli klik disini

Biografi : 

Nama        : IRFAN FAWWAZ
Sekolah     : SMK ISLAM 1 BLITAR
Motto        : OJO NGANTI DOLANMU NGGANGGU SEKOLAHMU

0 comments:

Post a Comment