Tuesday, January 3, 2017

Troubleshooting lapisan aplikasi jaringan WAN



Troubleshooting lapisan aplikasi jaringan WAN

Hypertext Transfer Protocol (HTTP) adalah sebuah protokol jaringan lapisan aplikasi yang digunakan untuk sistem informasi terdistribusi, kolaboratif, dan menggunakan hipermedia. Penggunaannya banyak pada pengambilan sumber daya yang saling terhubung dengan tautan, yang disebut dengan dokumen hiperteks, yang kemudian membentuk World Wide Web. (wikipedia, 2014)

(nulisbuku, 2015)
Netware merupakan salah satu sisitem operasi jaringan atau network operating system, yang dikembangkan oleh sebuah perusahaan bernama Novell, Inc. Karena dikembangkan oleh Novell, maka Netware dari awal hingga saat ini dikenal dengan istilah Novell Netware.
Novell netware pada awalnya digunakan dan juga dikembangkan pertama kali sebagai suatu sistem operasi jaringan yang bekerja pada protocol jaringan komputer IPX. Novell Netware juga pada awal dikembangkan memang didesain untuk bekerja pada berbagai macam personal compute yang ada di dunia. (dosenit, 2015)
Kebanyakan protokol jaringan yang digunakan pada saat NetWare dikembangkan tidak mempercayai jaringan untuk menyampaikan pesan. J khas membaca file klien akan bekerja seperti ini:

      1. Membaca klien mengirimkan permintaan ke server
      2. Server mengakui permintaan
      3. Klien mengakui sambutan
      4. Server akan mengirimkan data yang diminta ke klien
      5. Klien mengakui data
      6. Server mengakui penghargaan.

(kunalnuryadi, 2014)
Netware adalah sistem operasi (operating system) jaringan yang dikembangkan oleh Novell, dan protokol jaringan yang digunakan untuk berkomunikasi dengan client dalam network.

Perusahaan Novell memilih untuk mendasarkan paket jaringam mereka pada paket XNS. Novell menciptakan sedikit perubahan ke IDP dan SPP, dan menamakannya Paket Pertukaran di Internet atau Internet Packet Xchange (IPX) dan pertukaran Paket yang Berurut atau Sequenced Packet Xchange (SPX). Novell menambahkan beberapa protokol baru, seperti NetWare Core Protocol (NCP), yang menyediakan kemampuan untuk berbagi sumber daya berkas dan printer yang dapat berjalan melalui IPX, dan Service Advertisement Protocol (SAP). Dimana SAP memungkinkan host dalam jaringan Novell untuk mengetahui persis host yang menyediakan masing-masing service. Disamping dukungannya terhadap protokol standar seperti tersaji di atas (kecuali AppleTalk), NetWare telah memperkenalkan beberapa protokol tambahan khusus untuk NetWare. Protokol ini seringkali memiliki juga fungsi yang terdapat dalam protokol standar, tetapi protokol ini terpadu penuh kedalam sistem NetWare. Protokol NetWare digunakan hanya pada jaringan NetWare, untuk melengkapi protokol standar dan dirancang agar NetWare dapat bersaing melawan sistem lain yang membatasi implementasinya hanya pada protokol standar. (belajarinfo, 2014)

tulisan asli DISINI

Daftar Pustaka

belajarinfo. (2014, 03). belajarinfo341. Retrieved from belajarinfo341: http://belajarinfo341.blogspot.co.id/2014/03/pengertian-netware.html
dosenit. (2015). dosenit. Retrieved from dosenit: http://dosenit.com/jaringan-komputer/software-jaringan/pengertian-netware
kunalnuryadi. (2014). kunalnuryadi. Retrieved from kunalnuryadi: https://kunalnuryadi.wordpress.com/netware/
nulisbuku. (2015). nulisbuku. Retrieved from nulisbuku: http://www.nulisbuku.com/books/download/samples/cc0ebcdc495f4bbe345bc47a312da291.pdf
wikipedia. (2014). wikipedia. Retrieved from wikipedia: https://id.wikipedia.org/wiki/Protokol_Transfer_Hiperteks

Biografi : 
Nama        : Irfan fawwaz
Sekolah     : SMK ISLAM 1 BLITAR
Motto        : I can’t be perfect


0 comments:

Post a Comment